tulisan

Hidup Adalah Pertualangan

Sabtu, 19 Maret 2016

Keindahan Air Terjun Madakaripura Jadi Buah Bibir Para Pelancong



Probolinggo- Pesona Air Terjun Madakaripura di Kecamatan Lumbang, Kabupaten Prpbolinggo, Jawa Timur, sangat menarik wisatawan.

Air terjun setinggi 200 meter ini merupakan air terjun tertinggi di Pulau Jawa dan tertinggi kedua di Indonesia. Air terjun Madakaripura berbentuk ceruk yang dikelilingi bukit-bukit yang meneteskan air pada seluruh bidang tebingnya seperti layaknya sedang hujan, 3 di antaranya bahkan mengucur deras membentuk air terjun lagi.

Untuk menuju air terjun mebutuhkan waktu kurang lebih 1 jam, memang sangat melelahkan. Tapi rasa lelah itu akan terbayarkan, perjalanan menuju Air Terjun Madakaripura sangat indah dan memanjakan mata dengan pemandangan pohon-pohon besar, udara yang segar dan juga melewati sungai-sungai. 

Perjalanan tidak usai begitu saja, untuk menikmati air terjun utamanya Anda harus menempuh perjalanan lagi yang cukup jauh. Tapi sekali lagi rasa leleh itu bener-benar akan terbayakan saat Anda melihat air terjun utama yang berdinging melingkar, jadi Anda akan terlihat seperti berada di dalam botol, sangat indah indah sekali.

Sangat disrankan bagi pengunjung untuk membawa baju ganti, payung, atau jas hujan, karena derasnya air yang melompat-lompat akan membasahi tubuh Anda.




Pemandangan yang eksotis akan memanjakan mata Anda. Tak heran jika Air Terjun Madakaripura mulai menjadi buah bibir. Air Terjun Madakaripura adalah salah satu obyek wisata yang memiliki latar belakang sejarah, konon Air Terjun Madakaripura pernah menjadi tempat semedi Gajah Mada dari kerajaan Majapahit.

Pada akhir pekan, lokasi air terjun yang asri dan sejuk ini banyak dipadati para pelancong untuk merileksasi diri atau sekedar bersenang-senang.

Navy Dina, wisatawan asal Lumajang mengaku sangat terkesan dengan Air Terjun Madakaripura meskipun dia baru pertama kali menikmati kesejukan air terjun ini. “Ini air terjun tertinggi dan terindah yang pernah saya kunjungi. Sangat unik sekali karena dikelingi tebing yang melingkar dan airnya bercucuran seperti sedang hujan. Suasana alamnya masih asri dan sejuk," ujarnya.

Dibalik keindahan Air yerjun Madakaripura tersimpan sebuah mitos. Semua pengunjung  disarankan untuk meninggalkan tempat ini sebelum jam 14.00  karena sering terjadi hujan pada jam-jam ini yang bisa mempengaruhi tingkat air di sekitar air terjun yang cukup berbahaya dan memungkinkan pengunjung sulit meninggalkan tempat.

Meskipun ada aturan seperti itu tidaklah membuat pengunjung menjadi surut. Nah, jika Anda berminat untuk berkunjung sebaiknya datang pada pagi hari agar dapat menikmati keindahan air terjun lebih lama lagi.





Sumber: Dokumentasi Pribadi.

 

4 komentar: