tulisan

Hidup Adalah Pertualangan

Sabtu, 04 Juni 2016

Museum House of Sampoerna



Di  Surabaya juga ada destinasi wisata sejarah, dimana traveler bisa mempelajari sejarah panjang industri kretek di House of Sampoerna. Unik memang, namun layak untuk dicoba.


Jika biasanya museum konvensional mengangkat tema pahlawan atau tokoh terkenal, House of Sampoerna justru menyediakan informasi tentang sejarah kretek di Tanah Air. Diawali dari cerita tentang Liem Seeng Tee, sang pendiri Sampoerna yang bertahan hidup di Kota Pahlawan sebagai penjual kretek dalam gubuk sederhana dari bambu. Warung gubuk itu pun dihadirkan di museum ini dalam bentuk replika.


Cerita berikutnya dilanjutkan dengan ditampilkannya sepeda ontel antik. Konon, sepeda itu dipakai Liem untuk menjajakan kretek pertama kali dalam bentuk per batang.


Masih banyak fragmen cerita lain dalam bentuk replika dan diorama yang patut untuk disimak. Termasuk juga foto-foto koleksi, serta galeri seni, kafe, dan toko suvenir yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. House of Sampoerna terletak di Jl Taman Sampoerna 6, Surabaya. Untuk berkunjung ke museum ini, traveler tidak perlu mengeluarkan uang. Sebab, museum ini tidak memungut biaya.



Sumber : Dokumentasi Pribadi.

6 komentar: